Post Top Ad

Kamis, 16 Mei 2019

seni budaya bab 1

Musik tradisional merupakan suatu seni suara yang bersumber dari berbagai daerah. Di Indonesia banyak memiliki keragaman budaya, termasuk salah satunya bidang musik.
Musik tradisional seringkali ditampilan dengan bahasa, gaya dan tradisi khas disetiap daerahnya. Adapun penjelasan lebih lanjut simak dibawah ini.

Pengertian Musik Tradisional

Dalam Wikipedia Musik Tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun, dipertahankan sebagai sarana hiburan. Terdapat tiga komponen yang berpengaruh yaitu seniman, musik itu sendiri dan masyarakat yang menikmati.

Fungsi Musik Tradisional

Adapun fungsi dari musik tradisional antara lain yaitu:

Sebagai Alat Komunikasi

Musik secara harfiah adalah salah satu media dalam komunikasi antara pencipta dengan pendengarnya. Orang yang menciptakan lagu selalu berupaya mengkomunikasikan apa yang dia rasakan atau menampilan suatu kondisi kepada para pendengar musiknya.
Tetapi secara sederhana, di beberapa negara ada musik atau beberapa nada yang disatukan dengan unik yang merupakan suatu pertanda. Seperti yang biasa kita jumpai yaitu suara atau bunyi dari lonceng, di Indonesia apabila dibunyikan di sekolah maka artinya adalah waktu istirahat.

Sebagai Sarana Hiburan

Musik dibuat adalah untuk sarana hiburan atau mengiringi perasaan bahagia. Musik dapat digunakan untuk mengalihkan fikiran dari kegiatan sehari-hari. Hal ini sangat berbeda dengan yang ada di daerah-daerah. Yang mana didaerah biasanya masyarakat secara rutin mengadakan pertunjukan musik daerah yang mereka miliki dan terlepas dari kegiatan sehari-hari untuk beberapa saat.

Sebagai Musik Pengiring Tarian

Setiap tari tentu saja diiringi dengan musik, dan dilakukan dengan gerakan menurut ketukan-ketukan musik yang menunjukkan suatu arti tertentu.

Sebagai Sarana Adat Budaya

Banyak dari seni musik tradisional di Indonesia ataupun di luar negeri yang memanfaatkan seni musik tradisional mereka untuk suatu ritual adat budaya. Seperti yang sering dilihat pada suku Papua yang selalu menampilkan musik tradisional mereka secara lengkap dengan tarian pada saat penyambutan tamu kehormatan.

Sebagai Sarana Ekonomi

Pada beberapa daerah di Indonesia dan luar negeri banyak pemain musik tradisional yang menggunakan permainan musik mereka menjadu suatu usaha mata pencaharian.
Ada yang mengolahnya dengan besar menjadikan banyak menyerap banyak tenaga kerja, ada juga yang melakukannya secara personal atau sebatas dengan suatu kelompok kecil.
Mereka memperoleh bayaran dari pihak yang meminta membawakan pertunjukan musik tradisional, seringkali dalam acara-acara kedaerahan atau acara resepsi pernikahan, khitanan dan lainnya.

Sebagai Sara Pengembangan Diri

Musik juga dijadikan sara pengembangan diri, karena tidak semua orang dapat ikut terlibat dapak proses atau pembuatan musik tradisional tidak memperoleh hal ini.
Selain membuat terasahnya keterampilan, orang-orang yang terjun dalam dunia musik seringkali mempunyai karakter yang kental terhadap budaya daerahnya menjadikan karakter-karakter atau ciri khas orang di daerah itu tidak hilang atau termakan globalisasi.

Ciri-Ciri Musik Tradisional

Mei 16, 2019 / by / 0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad